Laman

Sabtu, 19 Februari 2011

Purnama

Salah satu yang menarikku di malam hari adalah bulan purnama. Bulan besar penuh berwarna keemasan atau keperakan ini memang menjadi salah satu alasanku untuk menghabiskan hampir 1/3 malam hanya untuk menatapnya. Berikut ini adalah beberapa tulisan tentang misteri bulan purnama yang diambil dari berbagai sumber.



KRIMINALITAS MERAJALELA
Di barat sana, kasus kriminal meningkat pesat saat bulan purnama. Di Inggris sampai ada anggapan bahwa gigitan anjing banyak terjadi di bulan purnama. Karena penasaran Arnold Lieber, seorang psikolog dari University of Miami, melakukan penelitian tentang hal ini. Hasilnya, selama 15 tahun terjadi sekitar 1887 kasus pembunuhan di Miami. Yang mengejutkan, angka tersebut meningkat saat mendekati bulan purnama dan berkurang di hari-hari akhirnya.
SAKIT JIWA DAN PENDARAHAN
Bangsa Babilonia kuno menyebut pasien penyakit jiwa dengan nama lunatike (lunar = bulan dalam bahasa latin). Sampai sekarang, bangsa amerika juga masih memakai istilah ini (lunatic). Percaya atau tidak, banyak dari penderita penyakit jiwa tersebut kambuh dan mengamuk saat bulan purnama tiba. Purnama di percaya bisa membuat orang menjadi tidak tenang, tegang, risau, dan mengkhayal.
Buku kuno dari cina berjudul Shu Wen, Ba Zheng Shen Min Lun juga menegaskan tentang kehebatan si benda angkasa ini. Di buku tersebut di jelaskan bahwa kuat atau lemahnya tubuh manusia, darah, dan energi memang mempunyai hubungan khusus dengan bulan purnama. Salah satu contohnya adalah penyakit TBC yang merupakan komplikasi batuk darah meningkat selama 7 hari menjelang purnama.
Keika bulan purnama tiba, luka memang lebih banyak mengeluarkan darah. Hal ini dibuktikan oleh Dr. Edson J. Andrews dalam Journal of Florida Medical Assosiation bahwa 1000 operasi pengangkatan amandel yang dilakukan saat bulan purnama, 82% nya mengalami pendarahan pasca-operasi. Sehingga banyak dokter yang memutuskan untuk menunda operasi apabila kebetulan bertepatan saat bulan purnama.
PURNAMA DAN WANITA
Biasanya, dalam sebulan kita punya satu kali masa subur. Tapi, menurut teori Lunar Phase Fertility yang di buat oleh Dr. Eugene Jones tahun 1950an, wanita bisa memiliki masa subur lebih dari satu kali, yaitu saat bulan purnama. Teori ini datang dari kenyataan yang ditemukan bahwa ada seorang pasien yang hamil si saat yang bukan masa suburnya.
Walau di panadang sebelah mata, nyatanya ada fakta yang mengejutkan. Angka kelahiran bayi meningkat di malam bulan purnama.


Apapun kata mereka tentang bulan purnama, aku tetap mencintainya...sangat-sangat mencintai purnama. :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Intense Debate Comments